Benarkah iPhone 16 Pro Max dengan 5 Kamera Sudah Meluncur? Begini Faktanya

wartabeta.com – – Sebuah video yang menampilkan ponsel yang disebut sebagai iPhone 16 Pro Max viral di TikTok . Hampir di semua video TikTok, iPhone 16 Pro Max dipamerkan bagian punggungnya yang punya lima kamera belakang.

Salah satu video yang mempertontonkan bagian punggung Apple iPhone 16 Pro Max dengan lima kamera belakang itu bisa dilihat melalui unggahan dari akun dengan handle @mural.art, sebagaimana tertera di bawah ini.


Pada video di atas, tampak seorang pengguna tengah memegang HP yang katanya adalah iPhone 16 Pro Max. Kemudian, pengguna itu juga membagikan hasil jepretan dari kamera belakang Apple iPhone 16 Pro Max yang diklaimnya punya fitur fish eye.

Selain @mural.art, masih bisa dijumpai banyak lagi unggahan video mengenai iPhone 16 Pro Max dari pengguna lain dengan format serupa, yakni mempertontonkan bagian punggung yang punya lima kamera belakang dan menunjukkan hasil jepretannya.

Dari hampir semua video tentang Apple iPhone 16 Pro Max, terdapat satu video yang terang-terangan menunjukkan spesifikasi HP tersebut. Video itu diunggah oleh akun dengan handle @lordgadget.

Di video itu, HP yang disebut sebagai iPhone 16 Pro Max diklaim punya layar seluas 6,7 inci, kamera beresolusi 108 MP, RAM sebesar 12 GB, dan baterai berkapasitas 5112 mAh. Dengan adanya klaim-klaim ini, lantas apakah iPhone 16 Pro Max benar-benar ada ?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah pemaparan mengenai fakta iPhone 16 Pro Max yang tengah viral di TikTok.

Fakta Apple iPhone 16 Pro Max yang viral di TikTok

1. HP Apple terbaru saat ini masih iPhone 14 series

Sebagaimana cukup umum diketahui, iPhone merupakan HP keluaran Apple. Di halaman resmi Apple, tidak tertera satu pun produk bernama iPhone 16 Pro Max. Jajaran HP terbaru resmi Apple yang tersedia saat ini adalah iPhone 14 series.

Dalam seri iPhone terbaru yang dirilis sejak 7 September tahun lalu, hanya terdapat empat model, terdiri dari iPhone 14 biasa, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Hingga detik ini, Apple belum merilis lagi HP terbaru selain iPhone 14 series.

2. Tidak disertai bukti kuat

Beberapa informasi spesifikasi dan render (gambaran rupa dalam bentuk visual) mengenai iPhone terbaru yang akan datang biasanya telah mencuat ke publik sebelum dirilis. Bocoran informasi itu umumnya dilandaskan bukti-bukti yang kuat oleh leaker (pembocor).

Oleh seorang leaker, bukti tersebut biasa didapat dari keterangan rahasia perusahaan, dokumen sertifikat elektronik, dokumen rantai pasokan (supply chain) komponen iPhone, dan sebagainya.

Kalaupun iPhone 16 Pro Max yang viral di TikTok itu adalah sebuah bocoran, semestinya disertai dengan bukti-bukti pendukung. Namun faktanya, tak ada bukti kuat untuk mendukung kebenaran iPhone 16 Pro Max yang viral di TikTok.

3. Belum ada kabar mengenai penamaan iPhone 16 “Pro Max”

Dari tahun ke tahun, Apple biasa memberi nama HP terbarunya dengan nomor berurutan, seperti iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone 14. Kemungkinan penamaan seperti itu dipakai juga di seri iPhone yang bakal hadir pada tahun ini dan tahun depan.

Untuk iPhone yang bakal hadir di 2024, seorang konsultan rantai pasokan kenamaan, Ross Young menyebutnya dengan “iPhone 16”. Namun, ia pun belum membeberkan model apa saja yang bakal menyertai iPhone 16 series.

Dikutip dari Mac Rumors, Ross Young hanya membagi iPhone 16 ke dalam dua nama model, yakni model standar atau reguler dan model “Pro”. Belum diketahui lebih lanjut apakah dalam model “Pro” pada iPhone 16 ada yang bernama “Pro Max”.

Nama model pada series iPhone kadang bisa berbeda dengan yang dirumorkan. Misalnya, pada iPhone 14 series untuk model reguler dengan ukuran layar yang lebih besar, bukan dinamakan “iPhone 14 Max” sebagaimana sempat dirumorkan, melainkan “iPhone 14 Plus”.

4. Belum ada bocoran kredibel mengenai konfigurasi kamera iPhone 16

Saat ini, sudah cukup banyak tersedia rumor atau bocoran mengenai iPhone 16 di internet. Namun, dari beberapa rumor yang ada, belum terdapat prediksi yang menggambarkan konfigurasi kamera pada iPhone 16.

Rumor yang ada sekarang masih membahas mengenai model RAM dan teknologi layar pada iPhone 16. Untuk model RAM, seorang leaker gadget kenamaan dengan handle @ShimpApplePro mengatakan iPhone 16 bakal memakai RAM LPDDR5X.

Sementara itu, untuk teknologi layar, analis yang kerap membocorkan produk Apple, Ming Chi Kuo mengatakan apabila iPhone 16 bakal menggunakan akan mengadopsi kamera depan dan Face ID yang berada di bawah layar (under display).

Dari fakta-fakta di atas, bisa disimpulkan bahwa iPhone 16 Pro Max seperti yang viral di TikTok pada dasarnya hanyalah sebuah khayalan. Ini dikarenakan, pertama, jajaran HP Apple terbaru yang tersedia sekarang adalah iPhone 14 series.

Kedua, bila iPhone 16 Pro Max yang viral di TikTok adalah bocoran maka tidak bisa dikategorikan sebagai bocoran kredibel karena tidak didukung dengan bukti kuat, baik dari segi penamaan maupun spesifikasi.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar fakta iPhone 16 Pro Max yang tengah viral di TikTok dan ternyata hanya sebuah khayalan belaka, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!