Beda antara Kehilangan Berat Badan dan Kehilangan Lemak

wartabeta.com

Meski berat badan kita berkurang, bukan berarti kita membuang lemak.

Padahal, membakar lemak merupakan kunci untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

“Kehilangan lemak adalah sesuatu yang penting untuk kesehatan yang lebih baik, tetapi ketika kita menurunkan berat badan, kita juga akan kehilangan berat cairan dan kemungkinan juga massa otot,” ucap Calder.

Bagi individu dengan kelebihan berat badan, Calder menyarankan untuk menghilangkan lemak agar dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

“Kehilangan lemak akan memperbaiki kesehatan secara keseluruhan, karena kelebihan lemak tubuh meningkatkan risiko penyakit kronis.”

Lemak visceral adalah lemak yang perlu ditargetkan. Ini adalah jenis lemak yang membungkus organ perut dan terletak di dalam tubuh.

Dokter dapat melakukan tes pencitraan tertentu untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak lemak visceral yang menutupi organ tubuh kita.

Calder menyebut, individu yang ingin menurunkan berat badan harus berfokus pada kehilangan lemak dan memertahankan massa otot.

Sebab, lanjut dia, jaringan otot membakar lebh banyak kalori daripada lemak tubuh –terlebih saat tubuh sedang beristirahat.

Tips mengurangi berat badan dan mengurangi lemak

“Untuk mengurangi berat badan, kita harus mengurangi asupan kalori dengan menghentikan makanan olahan dan bergula dari diet kita,” kata Calder.

“Tambahkan protein tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan lemak sehat dalam diet.”

Di samping itu, tingkatkan rutinitas olahraga agar dapat membakar lebih banyak kalori secara konsisten.

“Sayangnya tidak ada cara untuk menargetkan lemak saja saat menurunkan berat badan,” tambah Calder.

“Namun ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi jumlah massa otot yang hilang.”

Caranya, jangan mengurangi asupan kalori secara drastis dan pastikan kita mendapatkan jumlah protein yang memadai dalam pola diet sehari-hari.

Calder juga menganjurkan untuk tidak melakukan latihan kardio secara berlebihan. Sebagai gantinya, masukkan lebih banyak latihan kekuatan.

Selanjutnya, targetkan penurunan berat badan sekitar 500 gram-1 kilogram per minggu.

Pendekatan ini dinilai jauh lebih berkelanjutan daripada langsung menargetkan penurunan berat badan 5 kilogram dalam waktu dua minggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!