Bawang Putih Bisa Tingkatkan Gairah Seks? Cek Risetnya

wartabeta.com – Bawang putih menjadi salah satu bumbu dapur yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Selain sebagai bumbu masak, bawang putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi kehidupan seks.

Menurut beberapa penelitian, bawang putih dapat membantu melawan peradangan, mengurangi kadar kolesterol, dan melindungi dari penyakit kronis. Tak cuma itu, konsumsi bawang putih juga dipercaya dapat meningkatkan libido, baik pada pria maupun wanita.

Berikut ulasan lengkap tentang kaitan manfaat bawang putih untuk hubungan seks, dikutip dari Healthline:

1. Dapat meningkatkan aliran darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu meningkatkan aliran darah, yang mungkin bermanfaat untuk mengobati masalah seperti disfungsi ereksi pada pria.

Terlebih lagi, satu penelitian di antara 49 pria yang lebih tua menemukan bahwa obat yang mengandung bahan-bahan seperti ekstrak bawang putih, ginseng, dapat meningkatkan fungsi ereksi. Bawang putih juga dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, senyawa yang membantu pembuluh darah melebar untuk meningkatkan aliran darah yang lebih baik. Ini berpotensi membantu meningkatkan fungsi ereksi.

2. Meningkatkan kesuburan pria

Selain meningkatkan aliran darah, beberapa penelitian lainnya juga menemukan bahwa bawang putih dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

Satu ulasan dari 18 penelitian menyimpulkan bahwa bawang putih membantu meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan kadar testosteron, yang mungkin karena sifat antioksidannya.

Dalam penelitian hewan baru-baru ini, S-allyl cysteine, yang merupakan senyawa dalam bawang putih, ditemukan meningkatkan produksi testosteron pada tikus. Penelitian pada hewan lain juga menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat melindungi dari perubahan produksi sperma dan kadar testosteron yang disebabkan oleh kemoterapi.

3. Bertindak sebagai antioksidan

Antioksidan tidak hanya dapat membantu melindungi terhadap penyakit kronis, tetapi juga dapat memainkan peran kunci dalam kesehatan seksual dan kesuburan. Bawang putih segar dan ekstrak bawang putih kaya akan antioksidan dan dapat membantu menetralisir senyawa berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 100 responden pria dengan masalah infertilitas, konsumsi suplemen antioksidan ditemukan dapat membantu meningkatkan jumlah sperma.

Kesimpulan

Bawang putih adalah bahan alami yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan yang potensial. Menurut beberapa penelitian pada manusia dan hewan, konsumsi bawang putih dapat meningkatkan fungsi seksual dengan meningkatkan aliran darah dan meningkatkan kesuburan.

Namun, penelitian yang ada tentang efek bawang putih pada dorongan seks secara khusus masih sangat terbatas, dan masih belum jelas bagaimana hal itu dapat mempengaruhi fungsi seksual pada wanita.

Secara umum, bawang putih adalah bahan alami yang mudah dikonsumsi untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan dan melindungi dari penyakit.

Meskipun bawang putih adalah tambahan yang sehat untuk diet seimbang, makan terlalu banyak dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Salah satu efek samping paling serius dari makan terlalu banyak bawang putih adalah peningkatan risiko pendarahan, terutama jika Anda mengonsumsi pengencer darah atau usai menjalani operasi. Ini karena bawang putih memiliki sifat antitrombotik, yang berarti dapat mencegah pembentukan gumpalan darah.

Meskipun pendarahan yang disebabkan oleh bawang putih jarang terjadi, satu laporan merinci kasus di mana seseorang mengalami peningkatan pendarahan setelah mereka secara teratur makan 12 gram bawang putih, sekitar 4 siung, per hari sebelum operasi.

Berapa banyak yang harus Anda makan?

Meskipun tidak ada rekomendasi resmi tentang berapa banyak bawang putih yang harus Anda makan, penelitian menunjukkan bahwa makan 1-2 siung (3-6 gram) per hari mungkin adalah takaran yang paling baik untuk kesehatan

Jika Anda melihat ada efek samping setelah makan lebih dari jumlah ini, pertimbangkan untuk mengurangi asupan bawang putih.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://wartabeta.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://wartabeta.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *