Balas Tren Ngemis Online, Muncul Video Parodi Live Mandi Lumpur Jadi Mandi Bola di TikTok

wartabeta.comPIKIRAN RAKYAT – Tren ngemis online yang beredar viral belakang ini, telah berbalas dengan munculnya video parodi di TikTok . Salah satunya, live mandi lumpur yang dibuat ulang seorang kreator TikTok dengan beralih menjadi mandi bola.

Adalah akun TikTok @julianadamh, kreator yang membuat parodi live mandi lumpur dengan situasi diubah, yakni kolam plastik yang diisikan bola-bola beraneka warna. Mereplika suasana live mandi lumpur , seorang perempuan lanjut usia (lansia) dengan gayung berisi bola-bola tampak menirukan gerakan menyiram ke badannya sendiri.

Tak sendiri, seorang laki-laki muda tampak ikut dalam adegan video, ikut menyiram bola-bola yang diambil dengan gayung berbeda. “Ayo mbah, bantu aku, biar bisa beli ninja dan masuk tv,” demikian keterangan video parodi dalam akun TikTok @julianadamh itu.

Menariknya, laki-laki muda dalam video itu juga aktif menyuarakan permintaan memberi ‘satu koin satu guyuran’ hingga membaca isi komentar-komentar, seolah makin meyakinkan tiruan dari live mandi lumpur .

Baca Juga: 22 Twibbon Imlek 2023, Ucapkan Gong Xi Fa Cai Pakai Bingkai Kelinci Air

“Yuk satu koin satu guyuran ya, terima kasih. Nanti kalau dilanjut guyurnya pakai tandon ya,” ujar suara pria dalam video parodi itu.

Belum berhenti, pria muda itu menampilkan ekspresi terkejut saat menyebutkan nama Om Jhon dengan nominal uang Rp200 juta.

Dengan hal itu, penonton teringat kembali isu soal pengusaha Jhon LBF yang ditodong uang dengan nominal sama, Rp200 juta agar akun TikTok @intan_komalasari92 berhenti melakukan live mandi lumpur pada lansia.

Diketahui, Jhon LBF awalnya menawarkan kerja di perusahaannya kepada akun TikTok @intan_komalasari92, tetapi ditolak dan memilih menodong uang Rp200 juta yang diklaim untuk modal usaha.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini: Jianzhi Berbentuk Kelinci Imut Meriahkan Tahun Baru Imlek 2023

“Weh Om Jhon 200 juta, terima kasih Om Jhon. Yuk tap-tap layarnya, tembusin 5 M, yuk lanjut,” ujar pria itu lagi.

Di akhir video parodi itu, perempuan lansia yang selalu mengguyur bola-bola ke badannya, juga ikut menampilkan situasi replika dari live mandi lumpur . Tak lain, lansia itu memperagakan tubuh menggigil kedinginan hingga berakhir pingsan.

Berkat peniruan situasi yang mirip, video parodi live mandi lumpur menjadi mandi bola terlihat mendulang dua juta penonton.

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini telah mengeluarkan surat edaran pada seluruh pemerintah daerah agar melarang kegiatan yang mengeksploitasi lansia.

Tepatnya, Mensos Risma merilis Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2023 tentang Penertiban Kegiatan Eksploitasi dan/atau Kegiatan Mengemis yang Memanfaatkan Lanjut Usia, Anak, Penyandang Disabilitas, dan/atau Kelompok Rentan Lainnya.

Dengan SE larangan eksploitasi lansia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menindaklanjuti dengan memerintahkan platform terkait untuk menghapus (take down) video-video yang memuat kegiatan ngemis online itu.***

error: Content is protected !!