Tak Berkategori  

Asal Muasal Jumat Tanggal 13 Identik dengan Hari Sial, Ada Pantangan Memotong Rambut dan Kuku

wartabeta.com – Hari Jumat ini bertepatan dengan tanggal 13, dan dianggap sebagai hari sial bagi sebagian orang barat. Bahkan tagar #FridayThe13th kini tengah ramai di media sosial Twitter, tak sedikit netizen yang mengirim gambar-gambar menyeramkan.

Jumat tanggal 13 tidak jatuh setiap bulan, namun berdasarkan kalender Gregorian Jumat tanggal 13 akan jatuh di beberapa bulan dalam setahun. Ada banyak versi tentang asal usul hari sial yang terjadi pada Jumat tanggal 13 ini.

Melansir laman Almanac, ketakutan akan hari Jumat tanggal 13 sudah disebar sekitar tahun 1800an silam dan menjadi fobia hingga kini. Menurut mitologi Nordik, takhayul ini bermula saat pagelaran makan malam dengan 12 dewa Norse, namun Loki tidak diundang, dan pembuat onar muncul hingga salah satu dewa yang paling popular bernama Baldur terbunuh pada hari itu.

Tak hanya soal mitologi Nordik, kisah Ksatria Templar juga dikaitkan dengan takhayul hari Jumat tanggal 13. Adapun teori tersebut berpedoman pada peristiwa yang terjadi pada 13 Okober 1307. Saat itu ribuan orang menjadi anggota ordo militer agama berpengaruh yang disebut Ksatria Templar yang kemudian ditangkap karena penodaan agama dan penghinaan lainnya.

Penangkapan ordo tersebut atas perintah raja Prancis, Philip IV dan banyak orang disiksa, dipaksa membuat pengakuan palsu, dan dieksekusi. Para ksatria kemudian dibakar di tiang pancang di Paris, hingga membuat pemimpin ordo, Jacque de Molay marah dan mengucapkan sumpah.

“Tuhan tahu siapa yang salah dan telah berdosa. Segera, malapetaka akan menimpa mereka yang telah menghukum mati kita,” ujar Molay.

Kematian para prajurit ordo yang dipimpin Jacque itu kemudian disebut menimbulkan malapetaka selama berabad-abad. Kisah tersebut bahkan berhasil menciptakan kengerian tersendiri bagi sebagian orang.

Kisah yang tak kalah terkenal dari dua takhayul tersebut adalah soal Perjamuan Terakhir yang dihadiri oleh 13 orang yakni Yesus Kristus dan 12 muridnya. Adapun angka 13 dikaitkan dengan Yudas Iskariot yang disebut mengkhianati Yesus dalam perjamuan tersebut.

Pengkhianatan tersebut membuat Kristus harus diserahkan ke tentara Romawi keesokan paginya untuk disalibkan di hari Jumat Agung. Maka tak heran jika hari Jumat tanggal 13 sering dikaitkan dengan peristiwa ini.

Meski asal usul kengerian pada hari Jumat tanggal 13 disebutkan masih takhayul, namun fobia dan ketakutan masih dirasakan hingga saat ini. Sejumlah orang bahkan tak mau melakukan pantangan yang selama ini beredar.

Adapun pantangan yang sering dilarang pada hari Jumat tanggal 13 antara lain memotong rambut atau kuku, makan, membeli rumah, memulai pekerjaan, berbisnis, menikah, atau melakukan acara apa pun. Winston Churchill bahkan menganggap bepergian di hari ini sangat berbahaya.

Ketakutan pada hari Jumat tanggal 13 bahkan telah diberi nama friggatriskaidekaphobia yang mengacu kepada Frigga dewa Norse yang dinamai hari Jumat , dan triskaidekaphobia yang diartikan sebagai takut pada angka 13.

Selama tahun 2023 ini, hari Jumat tanggal 13 akan terjadi sebanyak dua kali. Pertama terjadi pada Jumat , 13 Januari 2023, dan kedua terjadi pada 13 Oktober 2023 mendatang.

Hari Jumat tanggal 13 tidak selalu dianggap buruk oleh negara lain, pasalnya hari sial di setiap negara berbeda-beda. Italia memiliki hari sial yang jatuh setiap Jumat tanggal 17. Dan di sejumlah negara Hispanik, hari sial jatuh setiap Selasa tanggal 13.

Selain itu, kisah-kisah dan mitos yang terjadi pada hari Jumat tanggal 13 kerap dijadikan sebagai inspirasi seniman dalam membuat kesenian mereka, terutama film. Bahkan Jumat tanggal 13 diperingati sebagai hari nasional bagi sebagian negara.

Di Finlandia, sejak tahun 1995 Jumat tanggal 13 akan diperingati sebagai Hari Kecelakaan Nasional, dan membuat negara itu lebih waspada dan menekan risiko kecelakaan. Pada Jumat , 13 April 2029 mendatang, sebuah asteroid disebut akan terbang dan melewati bumi.***

error: Content is protected !!