Apple HomePod Generasi Kedua Meluncur Setelah 2 Tahun Diskontinyu

wartabeta.com – Pada 2021 lalu, Apple menyetop produksi (discontinue) speaker pintar ( smart speaker ) mereka yang bernama HomePod .

HomePod merupakan speaker pintar keluaran 2018 yang dibekali dengan asisten digital bikinan Apple, Siri. Artinya, pengguna bisa mengirimkan sejumlah perintah suara ke perangkat tersebut untuk menjalankan beragam fungsi atau memberikan sejumlah informasi.

Kini setelah dua tahun disetop (diskontinyu), Apple kembali hadir dengan produk HomePod anyar generasi kedua.

Secara desain, tampilan HomePod generasi kedua ini mirip dengan generasi pertama, yaitu dengan bentuk menyerupai tabung mungil. Hanya saja, tinggi speaker pintar ini diperpendek menjadi 6,6 inci, dari 6,8 inci di HomePod generasi pertama.

Namun secara fitur, HomePod generasi kedua kini dibekali dengan beragam fitur baru yang absen di HomePod generasi pertama, salah satunya adalah sensor pengukur kelembapan (humidity) dan suhu ruangan (temperature).

Ini artinya, pengguna bisa dengan mudah mendapatkan informasi suhu atau kelembapan ruangan di sekitar HomePod.

Selain itu, sensor-sensor tersebut juga diklaim bisa mengaktifkan beberapa fungsi alat atau barang elektronik lainnya yang terhubung dengan HomePod.

Jika suhu ruangan terpantau cukup panas, misalnya, HomePod bisa langsung mengaktifkan pendingin ruangan (air conditioner/AC) secara otomatis tanpa disuruh-suruh.

Untuk menerima perintah suara, speaker pintar ini dibekali dengan empat mikrofon berjenis far-field, yang dipadukan dengan komponen output suara woofer berukuran empat inci dan lima unit tweeter (driver audio).

Seluruh komponen utama speaker ini lantas dikombinasikan dengan chipset Apple S7, yang memungkinkan speaker pintar menjalankan beragam fungsi computational audio dan real-time tuning untuk meningkatkan kualitas suara.

Fitur pendukung lainnya di HomePod generasi kedua mencakup Dolby Atmos yang mendukung audio playback dari Apple TV 4K, serta Sound Recognition untuk mendeteksi bunyi sensor-sensor pendeteksi bahaya yang ada di rumah.

Nantinya jika perangkat alarm bahaya tersebut berbunyi, pengguna akan diberikan notifikasi via perangkat Apple yang terhubung, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (25/1/2023).

Di Amerika Serikat (AS), HomePod generasi kedua hadir dengan warna putih dan hitam. Speaker pintar ini dijual dengan harga 299 dolar AS (sekitar Rp 4,4 juta), sama seperti harga HomePod generasi pertama ketika peluncurannya.

Belum diketahui apakah smart speaker buatan Apple ini bakal dirilis di Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!