AISI Terbuka bila Merek Motor Listrik Baru Mau Bergabung

wartabeta.com – Pada tahun 2022, sejumlah produsen motor listrik masuk Indonesia dengan beragam model dan desain yang beragam.

Dari sekian banyak model ada yang sudah diproduksi di dalam negeri, tapi ada juga yang masih didatangkan secara utuh dari luar negeri.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia), mengatakan, pihaknya terbuka bila ada merek motor listrik yang mau bergabung menjadi anggota.

Namun, Sigit menyaratkan satu hal yang wajib dipenuhi bagi merek motor listrik yang masuk ke dalam keanggotaan AISI.

“Hal itu memungkinkan, asal mereka punya pabrik di Indonesia. Harus produksi lokal, kan Kemenperin menugaskan kita harus meningkatkan TKDN,” ujar Sigit, kepada Kompas.com (13/1/2023).

“Kalau pemain lama, kita diminta di atas 60 persen. Tapi kalau pemain baru mungkin ada pengecualian khusus,” kata dia.

Seperti diketahui, baterai menjadi komponen utama pada kendaraan listrik . Meski begitu, saat ini belum banyak komponen baterai yang berasal dari dalam negeri.

“Seharusnya begitu (baterai produksi lokal), tapi kan masih dikasih kesempatan kelonggaran dari pihak Kemenperin,” ucap Sigit.

Sebagai informasi, pada berbagai gelaran motor listrik tahun lalu, meluncur beberapa produk unggulan seperti United, Volta, Davigo, dan Charged.

Meski berstatus lokal, namun motor-motor listrik tersebut memiliki teknologi mumpuni, dan cukup bersaing dari sisi teknologi serta harga.

Diprediksi merek-merek tersebut juga bakal menjamur, terlebih pemerintah berencana memberikan subsidi senilai Rp 8 juta untuk setiap pembelian motor listrik yang diproduksi di dalam negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!