8 Manfaat Main Hula Hoop Kaki, Latih Koordinasi Tubuh hingga Perkuat Otot

wartabeta.com – Setelah lato-lato, mainan jadul yang kembali viral di awal tahun 2023 ini adalah hula hoop kaki atau yoyo kaki. Mainan retro ini diketahui muncul sekitar tahun 1980-an dan diproduksi massal oleh perusahaan mainan asal Amerika, Tigers Toys.

Hola hoop kaki mulanya terinspirasi dari permainan yang ada di tahun 1960 silam, yakni bernama lemon twist. Lemon twist juga memiliki pemberat di bagian ujung talinya seperti hola hoop kaki. Namun yang membedakan, pemberat itu berbentuk lemon sementara di hula hoop kaki berbentuk lingkaran seperti yoyo atau terkadang bola.

Mainan ini pertama kali ditemukan oleh Victor Petrusek pada tahun 1980-an, selanjutnya desainer dari Tiger Toys, Avi Arad, Maggie Harvey dan Mel Kennedy membuat produk tersebut dengan tampilan terbaru hingga populer di era tahun 1990-an.

Sayang mainan tersebut mulai jarang ditemukan karena eksistensinya tergeser oleh tamagotchi. Padahal sejatinya hula hoop kaki memiliki manfaat yang tak kalah baik dengan permainan-permainan tradisional lainnya. Apa saja ya kira-kira? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Hemat tenaga, lebih mudah untuk skip-It daripada lompat tali. Anda hanya perlu mengangkat satu kaki pada satu waktu. Sementara lompat tali mengharuskan dua kaki untuk melompat.

2. Karena aturan mainnya Anda harus melompat, bermain hula hoop kaki secara tidak langsung membuat Anda berolahraga.

3. Hula hoop hadir dalam warna menggemaskan yang dapat melengkapi pakaian fitnes sehingga terlihat lebih keren.

4. Hula hoop kaki memiliki alat penghitung repetisi yang merupakan salah satu pelacak kebugaran pertama di dunia yang bekerja dengan cara menyenangkan. Hal ini memudahkan untuk mengetahui seberapa jauh Anda sudah berusaha.

5. Anda dapat memainkannya di mana saja dan dengan siapa saja, baik sendiri atau dengan orang dewasa seperti halnya mereka yang hidup di tahun 80-an. Tentunya dengan menggunakan kaus kaki putih tinggi untuk menambah kesan vintage.

6. Bermain hula hoop kaki tanpa disadari melatih konsentrasi dan membuat tubuh dan pikiran Anda saling terkoordinasi.

7. Melompat-lompat menggunakan hula hoop dapat meningkatkan detak jantung yang mana itu baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

8. Gerakan hula hoop kaki secara berulang-ulang juga akan membentuk otot-otot kaki Anda semakin kuat. Latihan kekuatan otot kaki ini bisa membantu Anda tidak cepat lelah saat berjalan jauh atau saat menaiki tangga.***

error: Content is protected !!