6 Kalimat Afirmasi Positif agar Hati dan Pikiran Terasa Lebih Tenang

wartabeta.com – Memulai hari dengan menyebutkan kalimat kepada diri sendiri bisa membuat hati dan pikiran jauh lebih tenang.

Ini dapat dikatakan sebagai kalimat atau “mantra ajaib” yang bermaksud untuk menegaskan serta meyakinkan diri kita dalam meningkatkan perasaan harga diri, serta memfasilitasi respons positif ketika menghadapi masa-masa sulit.

Menurut para guru meditasi, instruktur yoga dan ahli psikologi, kalimat positif dapat diterapkan oleh semua orang dan dijadikan sebagai energi penyembuh serta mengembalikan keyakinan dan ketenangan hati .

Melansir Well and Good, tak ada salahnya jika kita mencoba menyebutkan kalimat afirmasi positif berikut ini saat memulai hari dan rasakan perbedaannya.

1. “Aku melihatmu. Terima kasih untuk informasinya. Aku mencintaimu”

Adreanna Limbach, penulis Tea and Cake With Demons dan juga seorang guru meditasi virtual di MNDFL mengatakan, kalimat afirmasi positif yang bisa membuat hati dan pikiran lebih tenang adalah tentang memvalidasi perasaan diri sendiri.

Dia menyarankan ketika hati dan pikiran sedang kacau, kita dapat meletakkan satu tangan di dada dan satu tangan lagi di perut dan mengulangi kalimat “Aku melihatmu. Terima kasih untuk informasinya. Aku mencintaimu.”

Menurutnya, frase ini dapat memberikan sinyal ke sistem saraf bahwa menunjukkan kalau kita tidak sendirian, tidak ke mana-mana dan merasa aman.

2. “Hari ini saya aman. Saya sehat. Jangan khawatir, Saya berbaik hati pada diri sendiri dan orang lain. Hari ini, saya bersyukur.”

Menurut pelatih spiritual, master Reiki Kelsey Patel, kalimat di atas dapat mengembalikan apa yang kita dapat kendalikan.

Kalimat tersebut bisa diucapkan sebagai rasa syukur setiap hari ketika hendak memulai aktivitas dan mengulangi hal yang sama esok hari, lusa dan seterusnya.

3. “Segalanya tidak pasti, tapi saya bisa mengatasinya”

Secara naluriah, manusia memiliki kekuatan batin yang bisa memulihkan dirinya sendiri.

Kalimat seperti berikut ini mampu menguatkan kita dalam menghadapi segudang masalah di dalam kehidupan.

“Segalanya tidak pasti, tapi saya bisa mengatasinya. Saya belum pernah mengalami ini sebelumnya, tapi saya bisa mengatasinya.”

“Ini adalah masa yang tidak pasti, tapi saya bisa mengatasinya. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi, tapi saya bisa tangani. Aku bisa mengatasinya. Aku bisa mengatasinya. Aku bisa mengatasinya.”

Mitra Manesh, pakar mindfulness dan pendiri aplikasi meditasi Innermap mengatakan, menyebutkan kalimat tersebut dapat membuat ketenangan batin dan mengingatkan diri sendiri bahwa kita sanggup menghadapi semua masalah ini.

4. “Semoga kamu sehat. Semoga kamu bahagia”

Utarakan kalimat tersebut untuk mengingatkan sekaligus mendoakan diri sendiri agar senantiasa selalu sehat dan bahagia.

Dikatakan oleh Tamara Levitt, founder dari aplikasi meditasi Calm, kalimat afirmasi tersebut dapat bekerja dengan baik untuk memberikan diri sendiri ketenangan.

Tujuan frasa “bahagia” dan “sehat” mengingatkan kita kepada diri sendiri bahwa kita harus merasa sehat dan bahagia, itu adalah hal-hal yang kita cita-citakan setiap hari.

5. “Kamu lebih tangguh dari yang kamu tahu”

Tujuh kata di atas merupakan kalimat yang mampu menegaskan bahwa kita sanggup melewati hari yang cukup berat.

6. “Apa yang kita lakukan, maka itu akan berdampak”

Frasa tersebut seolah mengingatkan kita dengan istilah apa yang kita tanam maka itu yang akan kita tuai.

Secara tidak langsung, hal itu bisa menjadi “rem” antara perlakuan dan pemikiran kita yang sulit terkontrol.

“Di saat-saat seperti itu, mengucapkan kalimat ini dapat mengembalikan perhatian pada hal yang paling dipedulikan,” ucap Ellie Burrows Gluck, CEO studio meditasi MNDFL yang berbasis di New York, AS.

Kalimat tersebut juga dapat menumbuhkan perilaku dan pemikiran yang memberi dampak positif baik pada diri sendiri dan orang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!