3 Saham Paling Cuan Pekan Ini, Juaranya Bikin Kaget

wartabeta.com – Pasar saham Indonesia berhasil parkir di zona hijau pada penutupan perdagangan pekan lalu. Indeks harga Saham Gabungan (IHSG) pada Jumat (13/1), ditutup menguat 0,18% di posisi 6641,83.

Secara keseluruhan, IHSG masih melemah 0,64% dalam sepekan. Namun, pelemahan tersebut jauh lebih kecil dibandingkan pekan sebelumnya yang tercatat 2,42%.

Sepanjang perdagangan pekan lalu, IHSG dua kali ditutup pada zona merah yakni pada Selasa dan Rabu dan selebihnya nyaman di zona hijau.

Saham-saham bergerak berfluktuasi. Namun, sejumlah saham mencatatkan kinerja yang cemerlang. Juara pekan ini adalah PT Roda Vivatex (RDTX) yang melambung 45,76% sepekan. PT PAM Mineral (NICL) menjadi runner up dengan kenaikan sebesar 45,56%.

Diposisi ketiga ada PT Data Sinergitama Jaya (ELIT). Emiten yang dimiliki pengacara kondang Hotman Paris tersebut melonjak 41,07% pekan ini.

Seperti diketahui, Hotman Paris memutuskan untuk membeli saham teknologi ELIT. Perusahaan yang bergerak di bidang data center ini belum lama melantai di bursa dengan melepas 500 juta saham atau setara dengan 24,61% dari total modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Menariknya dari 24,61% porsi saham publik tersebut, Hotman Paris diketahui menguasai 5% saham ELIT atau setara dengan 101.666.000 saham. Hotman Paris diketahui membeli saham ELIT saat IPO di harga Rp 120/unit. Artinya modal yang dikeluarkan oleh sang lawyer mencapai Rp 12,2 miliar.

Jika menghitung hingga sesi I perdagangan Rabu (11/1/2022) di mana saham ELIT sempat melesat 45% dan ditutup di Rp 174/unit maka Hotman Paris telah mengantongi keuntungan sebelum direalisasi sebesar hampir Rp 5,5 miliar.

Sebaliknya, saham yang paling merana pekan ini aadalah PT Mitra Tirta Buwana (SOUL) yang anjlok 36,36%. Berikutnya adalah saham PT Fuji Finance Indonesia (FUJI), PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur (GOLD), PT inral Sumberdaya Mandiri (AKSI), PT Alikasa Industrindo (ALKI), dan PT Garuda Indonesia (GIAA).

Munculnya GIAA dalam salah satu saham paling boncos pekan ini cukup mengejutkan mengingat banyak sentimen positif terhadap maskapai penerbangan BUMN tersebut.

Salah satunya adalah penghargaan dari OAG Flightview. Lembaga riset independen asal Inggris tersebut menempatkan Garuda sebagai maskapai dengan tingkat ketepatan waktu terbaik yakni 95,36% melalui anugerah The Most Punctual Global Airline.

error: Content is protected !!