3 Cara Melihat Alamat E-mail Google Sendiri Saat Lupa dengan Mudah di HP

wartabeta.com – – Alamat e-mail Google, akun Google, atau yang biasa disebut juga dengan alamat Gmail, punya fungsi penting. Semua layanan Google, seperti Gmeet, YouTube, Play Store, dan Drive, hanya bisa diakses menggunakan alamat e-mail tersebut.

Selain untuk mengakses layanan-layanan itu, alamat e-mail Google tampaknya saat ini juga sudah menjadi bagian dari data diri pengguna. Dalam hal administrasi seperti untuk melamar pekerjaan, pengguna juga diminta buat mencantumkan alamat e-mail pribadi.

Lantaran alamat e-mail Google punya fungsi yang penting, pengguna sangat disarankan untuk senantiasa menjaga dan mengingatnya. Meski idealnya perlu untuk diingat, namun dalam kondisi tertentu, lupa alamat e-mail sendiri tetap bisa saja terjadi.

Lupa alamat e-mail sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, alamat e-mail yang terlalu panjang, jarang membuka alamat e-mail, atau komposisi alamat e-mail yang rumit. Bila terpaksa mengalami lupa alamat e-mail sendiri, lalu apa yang harus dilakukan?

Ketika lupa alamat e-mail Google milik pribadi, pengguna sejatinya masih punya kesempatan untuk mengakses atau melihat kembali. Lantas, bagaimana cara melihat alamat e-mail sendiri saat lupa?

Melihat alamat e-mail sendiri pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah di handphone (HP). Kebanyakan HP saat ini, baik HP Android maupun iPhone, membutuhkan login alamat e-mail Google supaya bisa mengakses beberapa layanan.

Melalui jejak login di HP itulah pengguna bisa melihat alamat e-mail miliknya sendiri. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara melihat alamat e-mail sendiri dengan mudah di HP.

Cara melihat alamat e-mail sendiri

1. Melihat alamat e-mail sendiri di menu pengaturan HP

Jika sudah sempat login akun Google di HP, pengguna bisa melihat nama alamat e-mail miliknya lewat menu pengaturan. Cara melihat alamat e-mail di menu pengaturan bisa berbeda-beda pada tiap HP.

Pada HP Android Xiaomi, untuk melihat alamat e-mail sendiri di menu pengaturan, caranya dapat dilakukan dengan klik opsi “Akun & Sinkron”. Kemudian, pilih opsi akun “Google” dan alamat e-mail sendiri milik pengguna bakal ditampilkan.

Sementara itu, bila di iPhone, untuk melihat alamat e-mail sendiri lewat menu pengaturan, caranya dapat dilakukan dengan klik opsi “Mail” dan pilih “Akun”. Pada opsi “Akun”, bakal muncul semua alamat e-mail yang dipakai buat masuk di aplikasi Mail.

2. Melihat alamat e-mail sendiri via layanan Google

Sebagaimana sempat disinggung di atas, alamat e-mail Google berfungsi untuk mengakses beberapa layanan, seperti Gmail, YouTube, Google Search, dan sebagainya, Bila pernah menautkan alamat e-mail ke layanan itu, pengguna masih bisa melihatnya lagi di sana.

Untuk melihat alamat e-mail sendiri via layanan Google, caranya cukup mudah. Pengguna tinggal membuka layanan Google, seperti aplikasi YouTube, aplikasi Gmail, atau layanan Google Search di browser HP.

Lalu, klik ikon foto profil yang biasa tertera di pojok kanan atas layanan. Setelah ikon itu diklik, bakal tertera informasi nama alamat e-mail yang dipakai untuk login di layanan Google tersebut.

Dua cara di atas dapat dilakukan apabila pengguna sudah pernah melakukan aktivitas login dengan menggunakan alamat e-mail. Bila belum pernah login, tetapi sudah lupa alamat e-mail sendiri, ada cara lain yang bisa dilakukan.

3. Melihat alamat e-mail sendiri via menu “Lupa E-mail” di halaman login akun Google

Seandainya belum pernah login sama sekali, pengguna bisa memanfaatkan menu “Lupa E-mail” yang tersedia di halaman login akun Google. Untuk mengakses menu tersebut, caranya buka halaman ini .

Setelah itu, pilih menu “Lupa E-mail” dan masukkan nomor telepon atau alamat e-mail pemulihan yang tertaut dengan alamat e-mail pribadi. Kemudian, masukkan nama depan dan belakang yang terdaftar pada alamat e-mail pribadi.

Selanjutnya, masukkan pula kode OTP yang dikirim ke nomor telepon atau alamat e-mail pemulihan tadi. Terakhir, informasi mengenai alamat e-mail milik pengguna dengan data terkait bakal ditampilkan oleh Google.

Cara ini mustahil untuk dilakukan apabila pengguna tidak mengingat nomor telepon atau alamat e-mail pemulihan yang tertaut pada alamat e-mail pribadi miliknya. Demikianlah penjelasan cara melihat alamat e-mail sendiri dengan mudah di HP, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!